0
HARI Jumat (28/08/2016) lalu secara resmi Kepala MA Ulul Ilmi Bapak Joko Sugiharto, SHI membuka pelatihan kepemimpinan bagi para pengurus OSIS (Organisasi Siswa Intra Sekolah) MA Ulul Ilmi masa bakti 2016/ 2017.
Kegiatan yang diberi titel LDK (Latihan Dasar Kepemimpinan) OSIS itu diikuti oleh 40-an orang pengurus OSIS periode 2016/ 2017. Kegiatan LDK memang kegiatan rutin bagi setiap pengurus OSIS baru. Sudah merupakan program tetap dari OSIS untuk mengadakan LDK bagi setiap anggota kepengurusan yang baru. Dan untuk tahun 2016/ 2017 para pengurus OSIS memang belum mengikuti LDK karena sekolah belum sempat melaksanakannya sejak dikukuhkan beberapa waktu sebelumnya. Latihan Dasar Kepemimpinan / LDK adalah sebuah pelatihan dasar tentang segala hal yang berkaitan dengan kepemimpinan. Pelatihan ini biasanya yang diberikan kepada pelajar baik untuk tingkat Madrasah Tsanawiyah maupun Madrasah Aliyah. Pelatihan dasar yang diberikan ini bertujuan untuk memberikan bekal kepemimpinan kepada pelajar yang nantinya akan menjadi pemimpin dari seluruh kesatuan negeri dan menjadi penerus bangsa yang memiliki pribadi tangguh, santun dan berakhlak. LDK biasanya diberikan dalam 2 bagian yaitu LDK Fisik dan LDK Mental.
Pemberian materi dari kedua jenis LDK ini biasanya diberikan di waktu dan tempat yang berbeda. LDK Fisik diberikan untuk bertujuan agar siswa bukan hanya meiliki pemikirn yang cerdas namun juga memiliki kedisiplinan yang tinggi dan fisik yang tangguh untuk menguatkan dirinya dalam mencapai impian-impiannya.Beberapa kegiatan LDK Fisik adalah PBB, Jurit Malam, Qiyamul Lail, dan yang lainnya yang berkaitan dengan ketahanan fisik. LDK Mental diberikan kepada siswa untuk membentuk mental yang berani,santun dan berakhlak. Sedang untuk Untuk LDK Mental pada umumnya, materi yang diberikan secara garis besar ialah dalam bentuk Penyuluhan Mental Kepemimpinan, Problem solving dan Siapakah Saya (Man Ana?) LDK Fisik dan Mental ini dilaksanakan mulai tanggal 28 s.d 30 Agustus 2016 di bawah kaki Gunung Pangrango Kp. Cibeurem-Cisarua Bogor. dalam kegiatan ini para siswa diberikan beberapa materi oleh guru dan pelatih dari Madrasah Aliyah Ulul Ilmi.
Acara ini tidak hanya berhenti disini akan dilanjutkan dalam kegiatan Manajemen Osis dilain hari, semoga LDKO ini bisa membawa dampak yang positif bagi perubahan mental dan spiritual para pengurus osis.

Posting Komentar

 
Top